Kiat Menjadi Guru Profesional dan Islami

oleh An Maharani Bluepen

Benar apa yang dikatakan Rasulullah SAW, “Khairunnaas anfa’uhum linnaas..(Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain)”. Oleh karena itu, ilmu yang bermanfaat merupakan bekal akhirat yang tidak pernah terputus. Profesi menjadi guru merupakan kemuliaan sepanjang hidup karena di sini kita bisa menyalurkan ilmu bermanfaat ke orang lain dengan sikap keteladanan.

Dewasa ini profesi guru dituntut sikap profesionalisme untuk berkomitmen penuh terhadap tugas, kewajiban, dan tanggung jawab dalam mengemban profesi kependidikan. Prefesionalitas seorang guru menunjuk kepada sikap para guru serta derajat pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani disebutkan bahwa “Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla suka seorang hamba yang kalau dia bekerja dengan itqon (profesional, tuntas  dan berstandar).”  Tips menjadi guru profesional antara lain; merancang strategi pembelajaran terbaik, menjernihkan visi dan peran sebagai guru, memiliki komunikasi yang baik serta menentukan metode pembelajaran yang tepat.

Sebagai umat muslim, seorang guru sebaiknya menerapkan sistem pembelajaran yang bersifat islami. Misalnya, memperhatikan adab mendidik secara islami serta menghubungkan materi pelajaran dengan ayat-ayat Al Qur’an. Guru bertindak sebagai motivator sekaligus fasilitator yang menerangkan ilmu secara komprehensif. Di sisi lain, guru juga melatih kemandirian siswa dalam memecahkan sebuah problema/ masalah sehingga mengantarkan siswa ke gerbang kesuksesan.

(Essay untuk Aplikasi Bintang Pelajar Institute “Kiat menjadi guru profesional dan Islami”)

About An Maharani Bluepen

Penyuka biru langit dan purnama. Ingin menjadi seorang Ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s