Selama matahari terbit dari timur, maka tanda awal kehidupan selalu ada, berjalan mengikuti sunnah-Nya. Awal hari yang berbahagia karena semangat pagi masih tersimpan dalam hati. An berjalan di sepanjang jalan, mengamati langit tanpa awan. Pagi ini tak cukup cerah, namun semangat hidup An terasa bertambah.

Baarakallah 1435 Hijriyah😀

image

Tahun ini terbilang angka cantik. Karena angka kedua hingga keempat berurutan. Layaknya bilangan yang terus bertambah karena waktu berputar maju ke depan, bukan mundur ke belakang. Manusia tak bisa mengatur perjalanan waktu sesuka hati. Manusia hanya bisa memanfaatkan waktu: entah digunakan u/ hal yang bermanfaat atau sia-sia.

An memang tak bisa menerawang dan membuka catatan takdir di masa depan. Biarkan An jalani masa kini dengan keyakinan bahwa Allah pasti menyiapkan skenario terbaik di balik planning-planning An. Perubahan apa saja yang diinginkan di tahun ini? Setidaknya bisa dijelaskan secara jelas, agar hidup lebih terarah. Hidup lebih baik apa yang diikhtiarkan? Setidaknya memiliki misi yang bermanfaat, bagaimanapun jenisnya.

image

Selama jantung masih berdetak, paru-paru bernafas bebas, dan panca indera berfungsi normal: seseorang masih memiliki kesempatan dan kenikmatan yang wajib disyukuri. Tak boleh sering dilupakan. Apalagi mulai menjauh dari-Nya.

image

Kau tahu,
Awal dan akhir adalah niscaya
Saat kau memulai sesuatu
maka kau harus berani mengakhirinya
Allah menciptakan segala sesuatu berpasangan
Pria_wanita
Muda_tua
Suka_duka
Sehat_sakit
Hidup_mati
Kaya_bercukupan
Ingat, Allah tak membuatmu miskin hati dan materi. Hanya perkiraan manusia saja yang menilai demikian
Teruslah berprasangka baik kepada-Nya

Seusai azan Ashar bergema, An dikejutkan oleh sebuah berita.
Innalillahi wa innailaihi ra’jiun
Telah berpulang Aditya, pengajar muda Maluku Tenggara Barat pada 5 Nov’ 2013
(https://indonesiamengajar.org/kabar-terbaru/obituari-mengenang-aditya-prasetya-ia-yang-berpula)

Meski An belum kenal Aditya, An berkeyakinan: Insya Allah, beliau meninggal dalam khusnul khatimah. Berita lelayu ini menjadi pelajaran hikmah di awal tahun 1435 H. Beliau meninggal dalam masa pengabdian mengajar di sana (baru 5 bulan), tepat di pergantian tahun ini.

Subhanallah.. akhir hidup seseorang memang dibuat misteri oleh Allah, agar setiap insan membekalinya dengan amal-amal shaleh. Akhir hidup seperti apa yang kita inginkan?

Kita ga akan pernah tahu, apakah hidup kita berakhir saat kondisi terbaik atau mungkin terburuk. Berbagai alasan kematian boleh disebutkan, namun jangan sampai kita putus berharap untuk berakhir dengan khusnul khatimah. Semoga tetap berada di jalan kebaikan (istiqomah) hingga akhir hayat.

An Maharani Bluepen
05 Nov’ 2013

5 responses »

  1. intan f says:

    Hidup ini memang perlu perencanaan sehingga dpt mengetahui arah dan tujuan utk pencapaian yg diharapkan.
    Namun ingatlah bhw ada kejadian ataupun org2 yg tak ada dlm ‘planning’ tiba2 muncul dlm kehidupan. Sungguh perlu kesiapan mental untuk menghadapi situasi dan perlakuan. Makanya ada planning A,B,C dan seterusnya.
    Sepenting – pentingnya planning dapat berjalan, pada akhirnya yg perlu didapat adalah mampukah kita masih menyebut nama Allah Ta’ala disetiap helaan napas yang ada..

    • Sesuai pekerjaan bagian An di kantor,ya,mbk. Berputar dan berhubungan dengan perencanaan dan pelaporan😀

      Iya, emang perlu nyediain planning cadangan buat antisipasi apabila planning sebelumnya tak sesuai harapan

  2. Dyah Sujiati says:

    Kematian adalah awal kehidupan kita yang sesungguhnya. Semoga bisa mengawali kehidupan yang kekal itu dengan awal yang baik. Amin.

  3. […] awal mula cerita: https://asagienpitsu.wordpress.com/2013/11/05/awal-dan-akhir/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s