Mengkhatamkan Al Qur’an berarti mengikuti sunah Rasulullah SAW. Dari Abdullah bin Amru bin Ash, ia berkata,”Wahai Rasulullah, berapa lama aku sebaiknya membaca Al Qur’an?”
Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sebulan.”
Aku berkata lagi, “Sungguh, aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?”
Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.”
Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.”
Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.”
Aku menjawab, “Aku masih mampu lebih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.”
Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.”
Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.”
Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.”
Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.”
Namun beliau tidak memberikan izin bagiku. (HR. Tirmidzi)

 DO’A KHATMIL AL QUR’AN
Ya Allah, karuniakanlah rahmat kepadaku dengan Al Qur’an, dan jadikanlah Al Qur’an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku.
 
Ya Allah, ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al Qur’an. Ajarilah aku apa-apa yang belum aku ketahui dari Al Qur’an . Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membaca sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al Qur’an sebagai hujah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) wahai Tuhan seru sekalian alam.
 
Ya Allah, benahilah (pengetahuan dan pengamalan) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah urusan duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Benahilah (kehidupan) akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan.
 
Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yang terbaik) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari di saat aku bertemu dengan-Mu (kelak).
 
Ya Allah, aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan.
 
Ya Allah, aku meminta sebaik-baik permintaan, permohonan, keberhasilan, ilmu, amal, pahala, kehidupan, kematian, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, terimalah shalatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku, dan aku memohon syurga yang tinggi kepada-Mu.
 
Ya Allah, pastikanlah aku memperoleh rahmat-Mu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa syurga, dan terlepas dari siksa neraka.
 
Ya Allah, baguskanlah akhir semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat.
 
Ya Allah, berilah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan mengantarkan kami (memasuki) syurgamu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami. Limpahilah kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yang menzalimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama kami. Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama kami, dan tidak pula tujuan ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami di bawah kekuasaan orang-orang yang tidak menyayangi kami.
 
Ya Allah, janganlah Engkau sisakan seucil dosa-pun (bagiku) melainkan Engkau ampuni semuanya, Janganlah Engkau tinggalkan sebersit  keragua-pun bagiku melainkan Engkau hilangkan semuanya; Janganlah Engkau tinggal sepeser utang-pun (bagiku) melainkan Engkau lunasi semuanya; janganlah Engkau abaikan kebutuhan dunia dan akhirat(ku) melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Zat Yang Maha Pengasih dan Penyayang
 
Ya Tuhan Kami, anugerahilah kami kebaikan di dunia dan akhirat , serta selamatlanlah kami dari siksa api neraka. Semoga Alloh mencurahkan shalawat atas nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.
Aamiin..


repost from blog SP (http://aniamaharani.blogspot.com/2013/07/ramadhan-penuh-cinta-6-malam-ke-17.html)

About An Maharani Bluepen

Penyuka biru langit dan purnama. Ingin menjadi seorang Ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s