Di dunia ini ada dua jenis pria. Pengkategorianku ini secara umum saja, yakni pria yang baik dan pria yang pura-pura baik. Dalam kategori terakhir, aku tidak menyebutnya sebagai pria yang buruk. Bukan. Di dunia ini tidak ada seseorang yang jahat atau kejam menurutku. Dalam pandanganku, orang yang dianggap jahat itu hanya berubah perilaku menjadi negatif saja. Ada kesempatan untuk perubahan yang lebih baik untuk pria yang pura-pura baik atau terjebak dalam keburukan

Well, pria yang baik itu adalah baik akhlaknya. Akhlak terhadap lawan jenisnya: Ibunya, isterinya, anak perempuannya, saudara perempuannya dan teman perempuannya. Jika menghadapi teman perempuan, dia tidak mudah memberikan perhatian berlebihan, ataupun memberikan ‘kode’ yang bisa menumbuhkan harapan bagi perempuan. Dia bisa menjaga pandangan sebaik mungkin. Seperti kita ketahui, godaan pria yang lebih menonjol adalah godaan ‘visual’ dari lawan jenis. Apalagi jika melihat gadis cantik. Hehe. Menurutku, pria yang baik itu mampu mengolah perasaannya saat melihat gadis yang dianggapnya ‘cantik’. Akan lebih baik, jika seorang pria lebih menyenangi ‘kecantikan akhlak’ dari gadis yang ditemuinya.

Pria yang baik itu adalah rendah hati dalam berperilaku dan beragama. Tak perlu menonjolkan kesholehan dan menganggap diri paling benar. Memiliki prinsip agama yang kuat bukan berarti tidak mentoleransi prinsip orang lain yang berbeda keyakinan. Tetap low profile dengan keteguhan prinsip yang dimilikinya.

Pria yang baik itu adalah mampu memegang amanah/ janji-janjinya dengan baik. Tak mudah mengobral janji ataupun memberikan harapan palsu kepada siapapun itu.

Pria yang baik itu adalah bertanggungjawab atas keputusan yang dia ambil. Baginya, segala sesuatu yang diperbuat akan dipertanggung-jawabkan di hari akhir kelak. Termasuk, tanggung jawab terhadap Ibu, isteri, anak perempuan dan saudari yang dimilikinya.

Pria yang baik itu mau belajar dari kesalahan. Ia mau mengakui kesalahan, memohon maaf, dan juga tulus memaafkan apabila ada seseorang yang menyakitinya

Pria yang baik itu mampu memahami ‘bahasa perempuan’, tidak meletakkan ego-nya yang super di hadapan perempuan yang sejatinya mudah rapuh

Pria yang baik itu adalah setia. Setia kepada pasangannya, agamanya, dan juga Tuhan-nya

Pria yang baik itu selalu bersabar, tidak mudah terpancing emosi atas kondisi yang terjadi

Pria yang baik itu bukan hanya menyayangi manusia, tetapi juga makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya

Pria yang baik tidak akan membahayakan kesehatan dirinya dan orang lain, misal: dia tidak suka merokok

Pria yang baik menurutku tidak sekedar suka membaca kitab suci. Tetapi juga memahami apa yang dibacanya selama ini, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Pria yang baik belum tentu shaleh. Namun pria yang shaleh, insya Allah pasti merupakan pria yang baik. Kebaikan yang dipancarkan oleh pria yang shaleh, akan meneduhkan siapa saja yang berinteraksi kepadanya.

###
Mungkin itu dulu yang terlintas dalam kacamata An. Kapan-kapan An tulis lagi kalau ada opini lain. Monggo, kalau ada tambahan dari pembaca ☺ Tak ada pria atau perempuan yang sempurna. Namun kita bisa meneladani akhlak Rasulullah SAW sebagai uswatun khasanah.

About An Maharani Bluepen

Penyuka biru langit dan purnama. Ingin menjadi seorang Ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak :)

7 responses »

  1. rangtalu says:

    Semoga segera dipertemukan dengan “pria baik” itu mbak🙂

  2. winnymarch says:

    kalau zaman sekarang kok susah ya mbak menemukan pria baik dan berakhlak baik jg?

  3. Rahma says:

    Assalamu’alaykum an…pria yang baik itu, yang selalu membantu istrinya menyelesaikan pekerjaan rumah.. hehe…

  4. mhilal says:

    Wuahh… banyak juga kriterianya:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s